NGOPI

Spread the love

Ngopi di KIPP

Ketua KPU Juri Adrianto dalam acara Ngopi pertama

Diawali dengan persiapan KIPP Jakarta melakukan persiapan pemantauan dalam Pilkada DKI Jakarta, yang merupakan salah dari 101 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2017. Hadir dalam persiapan itu ketua KPU Juri Adrianto, yang juga ,erupakan mantan ketua KIPP Jakarta, sebelum menjadi anggota KPU DKI dan kemudian menduduki jabatan tertinggi lembaga pelaksana pemilu di Indonesia tersebut.

Obrolan diskusi saat itu menjadi menarik terkait keberadaan pemantau dalam pemilu dan Pilkada. Rindang ketua KIPP Jakarta bersama jajarannya terlibat diskusi, termasuk membicarakan keberadaan KIPP sebagai lembaga pemantau tertua di Indonesia, yang dalam perjalanannya mengalami pasang surut, seiring perkembangan demokrasi dan reformasi di Indonesia.

Jajaran KIPP Indonesia pusat juga hadir pada saat itu, seperti deputi Kajian Andrian Habibie dan Deputi Organisasi, Kurnisasih. Dalam diskusi juga disinggung soal keberadaan relawan KIPP, baikyang masih aktif sebagai pemantau, maupun yang berkiprah di lembaga penyelenggara pemilu atau memilih di pemerintahan dan partai politik, atau sebagai profesional, banyak nama telah lahir dari KIPP Indonesia, bahkan wartawan senior sekelas Gunawan Muhamad, adalah Sekjen KIPP, sebuah jabatan tertinggi dalam pengurus harian KIPP. bahkan Ichal Supriyadi, Direktur Eksekutif ANFREL (Asia Network for Free Election) jua pernah menduduki kursi ketua KIPP Jakarta.

Dari obrolan itulah kemudian muncul istilah NGOPI, yang merupakan kependekan dari Ngobrolin Pemilu Indonesia di KIPP. Istilah Ngopi selanjutnya menjadi nama yang digunakan untuk diskusi tentang pemilu di KIPP, setidaknya ada 6 agenda Ngopi termasuk yang pertama itu digelar oleh KIPP. lima acara Ngopi dilakukan pada masa penyelenggara Pemilu, KPu dan Bawaslu masa bakti 2012-2017, dan satu acara Ngopi  dilakukan pasca terpilihnya Komisioner KPU dan bawaslu baru masa bakti 207-2022.

Ngopi yang semula merupakan diskusi internal KIPP Indonesia, akhirnya menjadi diskusi publik, membicarakan masalah kepemiluan di Indonesia, karena dari 6 acara ngopi tadi dilaksanakan seputar pelaksanan Pilkada serentak tahun 2017, dan Pilkada DKI jakarta menjadi pembicaran publik, maka beberapa kali acara Ngopi juga menyinggung soal Pilkada DKI jakarta tersebut, seperti soal pemungutan suara putaran dua dan soal pro kontra kasus Ahok, serta berbagai peristiwa yang menyertainya.

Ngopi 6 Ketua bawaslu, Abham dan Anggota KPU Hasyim Ashari sebagai pembicara di Media Center KPU, Jakarta

Ke depan Ngopi seharusnya menjadi agenda rutin KIPP untuk mengaktualisasikan peran KIPP Indonesia sebagai pemantau pemilu, sekaligus sebagai wahana interaksi KIPP dengan publik, termasuk media yang sangat penting, dalam peran KIPP bukan hanya sebagai pemantau Pemilu, tetapi sebagai pendorong dan pengawal demokrasi di indonesia dan manca negara.

KIPPINDO.ORG Member Official