Press Release tentang OTT Komisioner KPU

Spread the love

Pernyataan Sikap KIPP,

atas Kasus OTT Anggota KPU

 

“Pilkada Serentak 2020 Harus Tetap Berjalan”.

 

Salam Demokrasi.

 

Menanggapi adanya penangkapan melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT). salah seorang anggota KPU, oleh KPK, terkait dugaan suap kepada yang bersangkutan dari pihak tertentu,  KPK telah menetapkan WS sebagai tersangka,  Kamis 9 Januari 2020 kamarin, KIPP Indonesia menyesalkan terjadinya hal tersebut, yang bisa mencorenag integritas penyelenggara pemilu, yang sedang dibangun bersama untuk melaksanaan penyelenggaran pemilu yang berintegritas.

 

Atas hal tersebut, KIPP Indonesia menyatakan pandangan dan sikap :

 

  1. Sangat menyesalkan apa yang terjadi, karena jika benar apa yang dilakukan anggota KPU yang bersangkutan yakni menjadi pelaku penerima suap, terkait dengan kewenangannya, sebagaimana yang diduga KPK atas OTT tersebut, maka ini akan merusak integritas penyelenggara pemilu di indonesia.
  2. Menghormati proses hukum yang dilaksanakan oleh KPK, dan memberi ruang kepada penyidik KPK untuk mengungkap kasusnya sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku.
  3. Meminta kepada KPU untuk menjadikan hal tersebut sebagai momentum untuk pembenahan, di seluruh jajaran, termasuk menguatkan kembali tekad dan upaya untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi di jajaran KPU pusat dan daerah.
  4. Meminta kepada KPU dan semua pihak terkait untuk tetap melakukan tugas dan fungsinya dalam kerangka pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, serta agenda demokrasi yang menjadi kewajiban KPU dan lembaga lain terkait.
  5. Meminta kepada Bawaslu dan DKPP, untuk menyikapi dan mengambil tindakan atas kaus tersebut, sesuai dengan mandat dan kewenangan yang diberikan oleh Undang-undang.

 

Demikian pernyataan sikap KIPP Indonesia atas kasus OTT KPK terhadap anggota KPU tersebut di atas.

 

Jakarta, 9 Januari 2020

 

Kaka Suminta

Sekretaris Jenderal

Be the first to comment on "Press Release tentang OTT Komisioner KPU"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


KIPPINDO.ORG Member Official