Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/viultzal/public_html/kippindo.org/wp-content/plugins/themezee-toolkit/includes/modules/class-tztk-infinite-scroll.php on line 157
Sikap KIPP Soal Penundaan Penetapan DPT – KIPP Indonesia

Sikap KIPP Soal Penundaan Penetapan DPT

Spread the love

Rilis KIPP Indonesia

Tentang

Penundaan penetapan DPT pemilu 2019.

 

Hari ini di gedung KPU Di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, dilaksanakan rekaitulasi Daftar Pemili Tetap (DPT) untuk pemilu 2019, sebuah pemilu yang untuk pertama kalinya menggabungkan pelaksanaan Pileg dan Pilpres secara serentak dalam satu hari. Namun sangat disayangkan ternyata KPU menyatakan bahwa penetapan tersebutb ditunda sampai 10 hari ke depan, karena masih adanya berbagai permasalahan khussunya soal keauratan data DPT dan angka pemilih ganda yang mencapai 130 ribu pemilih, sebagaimana yang disampaikan oleh Bawaslu dalam rapat tersebut.

 

KIPP Indonesia yang hadir dan menyaksikan peristiwa tersebut sangat menyayangkan apa yang terjadi, yang menadakan ketidak siapan KPU untuk menyusun DPT yang akurat dan final, karena DPT merupakan basis dan jaminan terpenuhinya hak konstitusional warga negara dalam pemilu. Juga menyayangkan keberadaan Bawaslu yang seharusnya mengatasi masalah ini secara berjenjang dalam setiap tingkatan wilayah dibawah yuridiksi pengawasan Bawaslu.

 

Atas dasar hal tersebut, KIPP Indonesia menyampaikan pandangan dan sikap sebagai berikut :

 

  1. DPT sebagai basis data pemilih dalam sebuah pemilu seharusnya disusun dan disajikan oleh KPU secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, untuk menjadi basis legitimasi hak konstitusional warga negara.
  2. Penundaan penetapan dengan data pembanding Bawaslu yang menemukan ratusan ribu dafta pemilih ganda, selain menandakan ketidak cermatan KPU dalam penyusunan dan oenyajian tadi juga dapat menimbulkan masalah keprcayaan publik atas penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan berintegritas.
  3. Meminta kepada KPU untuk mencermati dan menysun kembali DPT tersebut, secara akurat dalam waktu yang telah ditetapkan.
  4. Meminta kepada Bawaslu untuk mengawal setiap tahapan, termasuk penetapan DPT secara berjenjang dan berkelanjutan, tidak hanya menunggu di saat penetapan DPT atau penetapan lainnya oleh KPU.
  5. Untuk kesekian kalinya KIPP Indonesia menyoroti dan mempertanyakan sistem daftar pemilu (sidalih) KPU yang bukan hanya tidak handal dan akurat, tetapi juga menimbulkan masalah, ketika di lapangan tak dapat digunakan secara utuh dan final, sebagaiman dilaporkan di berbagai daerah.
  6. Meminta kepada KPU dan bawaslu untuk menjalin dialog yang lebih produktif, karena selain soal penundaan penetapan DPT juga masih ada persoalan lain seperti soal pencalegan yang menyeret dabat publik yang berkelanjutan dan problematik.
  7. Meminta kepada KPU agar penundaan penetapan DPT ini selain untuk memastikan tersusunnya DPT yang akurat, juga menjamin bahwa penundaan ini tidak berakibat secara negatif untuk pelaksanaan tahapan dan program Pemilu 2019 yang sedang berjalan.

Demikian pernyataan KIPP Indonesia atas penundaan penetapan DPT pemilu 2019, oleh KPU yang sedianya ditetapkan hari ini, Rabu 5 September 2018.

 

 

Salam Demokrasi

Jakarta, 5 September 2018

 

 

 

 

Kaka Suminta

Sekretaris Jenderal

 

Be the first to comment on "Sikap KIPP Soal Penundaan Penetapan DPT"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


KIPPINDO.ORG Member Official